/ BRANDING

Panduan Membuat Logo Online Shop Yang Keren Dengan Mudah dan Gratis

Ketika kamu memulai berjualan online, kamu perlu membedakan tokomu dari toko lain dengan membangun brand. Salah satu caranya adalah dengan membuat logo yang cocok dengan tokomu dan pastinya keren. Ketika kamu memulai, kamu pasti enggan untuk mengeluarkan uang untuk membuat logo sehingga kamu terpaksa mencari logo gratis yang tidak unik dan tidak sesuai dengan tokomu seperti ini. Daripada kamu bingung mencari gambar atau simbol yang cocok untuk tokomu, mengapa kamu tidak mendesain logomu dari nama tokomu saja seperti Facebook?

Memang, Facebook bukan sebuah toko online. Tetapi kamu sendiri dapat melihat bahwa kesederhanaan dari logo awal Facebook tersebut tidak membuat logonya menjadi jelek. Mari kita ambil inspirasi dari dua toko online yang sangat sukses di Amerika Serikat.

Bermula dari menjual celana panjang formal untuk pria, sekarang Bonobos menjual beragam pakaian pria yang fashionable dengan ukuran yang tepat untuk setiap pelanggan.

Warby Parker sekarang menjadi pilihan utama bagi orang-orang untuk membeli kacamata secara online di Amerika dengan penawaran produk dan pelayanan yang berkualitas, dan logonya pun mencerminkan hal tersebut.

Yang dapat kita pelajari tentang mendesain logo dari toko-toko online top tersebut adalah sangat mungkin suatu logo yang menarik dan pantas untuk mewakili tokomu dibuat dengan cara yang sederhana, melainkan menggunakan tulisan saja. Less is more.

Untuk membuat logo tulisan yang keren dari nama tokomu, maka cukup ada dua hal yang perlu kamu pertimbangkan: 1) jenis font (style huruf) dan 2) warna background untuk logomu. 2 desain komponen tersebut memiliki dampak terhadap bagaimana pelanggan/calon pelanggan atau pengunjung toko online-mu memandang brand-mu.

Beragam Jenis Font dan Dampaknya

Bagi kamu yang sudah terbiasa memakai Microsoft Word, tentunya kamu sudah familiar dengan jenis font (ketikan). Tetapi pilihan font yang ditawarkan di MS Word sangatlah terbatas dan sudah cukup usang. Sebetulnya jenis font ada sangat banyak dan terus bertambah setiap tahunnya, sehingga sebetulnya ada 1 profesi khusus yang pekerjaannya adalah membuat jenis font baru, dinamakan “Type Designer”.

Walaupun terkesan remeh, tetapi jenis font mempunyai dampak psikologis yang besar mengingat sekarang ini kita lebih sering membaca ketikan komputer ketimbang tulisan tangan. Ada 5 kelompok jenis font yang masing-masing memiliki citra psikologis terhadap pembacanya.

1. Serif

Font jenis ini pasti sangat familiar bagi kebanyakan orang karena sebagian besar font jenis ini dapat kita jumpai dan pakai di MS Word sehingga secara instan ketika kita melihat logo yang menggunakan font ini apa yang kita pikirkan atas logo ini kemungkinan besar adalah bahwa toko ini dapat dipercaya.

2. Sans Serif

Apabila font Serif memberi kesan familiar namun klasik dan terkesan tradisional, font Sans Serif memberi kesan familiar dicampur dengan gaya modern. Cocok untuk merek yang menjual barang-barang yang berisiko untuk dibeli secara online, seperti elektronik.

3. Slab Serif

Berbeda dengan dua jenis “Serif” sebelumnya, font bergaya Slab Serif bertujuan untuk memberi kesan tegas, kokoh, dan modern. Ini sangat jelas terlihat dari tebalnya tiap huruf sehingga menimbulkan citra-citra tersebut bagi kita yang melihat.

4. Script

Kelompok font ini sangat unik dan berbeda 180 derajat dengan 3 kelompok font sebelumnya. Font dengan gaya “Script” bertujuan memberi kesan ramah, kreatif, dan feminin. Pilihan utama kalau kamu menjual barang-barang yang dicari oleh perempuan.

5. Modern

Kelompok font “Modern” akan memberikan kesan ekslusif, stylish, dan cerdas atas suatu logo. Cocok jika kamu menjual barang-barang yang high-end, presitisius, dan mewah.

Warna yang cocok untuk logomu

93 persen responden survey mengatakan bahwa mereka mempertimbangkan kesan penampilan dalam membeli suatu produk. Mengingat bahwa produkmu besar kemungkinan juga dijual di toko online lainnya, maka calon pembeli akan memperhatikan logomu sebagai penentu apakah mereka akan membeli produk yang kamu jual atau produk yang sama yang dijual oleh pesaingmu. Ada 9 warna dasar yang dapat kamu pilih, beserta kesan yang ditimbulkannya:

  1. Merah Gairah, penuh energi, dan berjiwa muda. Pakai warna ini jika kamu ingin orang-orang memandang tokomu atau merekmu seperti itu. Cocok jika kamu menjual barang-barang yang dicari anak-anak muda atau barang-barang yang menimbulkan semangat dan kegembiraan.
  2. Jingga Memiliki kesan yang hampir sama dengan merah, yaitu penuh energi namun dengan kesan yang lebih ceria ketimbang serius. Warna ini lebih jarang digunakan ketimbang merah, sehingga dapat membuat kamu lebih mencolok.
  3. Kuning Ceria dan ramah adalah kesan yang diberikan oleh warna kuning. Kalau kamu menjual produk yang dibeli oleh orang dari beragam umur, warna ini cocok untuk logomu.
  4. Hijau Warna yang fleksibel, memberi kesan ramah serta menenangkan. Warna yang perlu kamu pertimbangkan dengan kuat jika kamu menjual produk-produk yang mempunyai hubungan dengan lingkungan.
  5. Biru Terpercaya, dewasa, serius, dan menenangkan. Sangat cocok jika kamu menjual produk di kategori yang membutuhkan kepercayaan, seperti produk-produk dengan harga yang tinggi dan rawan penipuan, seperti komputer, handphone, dan gadget elektronik lainnya.
  6. Ungu Inovatif dan bijaksana adalah kesan alami yang diberikan oleh warna ungu.
  7. Pink (Merah muda) Feminim, modern, dan berjiwa muda. Pilihan pertama jika pembeli atau pelanggan tokomu adalah perempuan.
  8. Coklat Bertolak belakang dengan merah muda, coklat mencitrakan maskulin, tangguh, dan serius. Sangat cocok apabila kamu menjual barang-barang yang hanya dibeli oleh pria. Poin plus lainnya adalah coklat sangat jarang digunakan sebagai warna logo sehingga tokomu dapat tampil mencolok.
  9. Hitam Kesan yang diberikan adalah campuran dari warna biru dan coklat, yaitu modern, eksklusif, elegan, dan serius. Cocok jika kamu menjual barang-barang high-end (barang-barang yang berkualitas top dan mahal dibandingkan dengan barang sejenis).

Jadi, mana yang sebaiknya kamu pilih?

Ini semua tergantung dari calon pelanggan yang kamu targetkan dan juga citra yang ingin kamu bangun untuk toko online-mu. Kalau kamu menjual pakaian pria, yang kemungkinan besar target pelangganmu adalah laki-laki dewasa, maka kurang tepat kalau kami memilih untuk mendesain logomu dengan font style “Script” dan warna merah muda. Font “Slab Serif” dan warna coklat agaknya pilihan yang lebih tepat.

Cara membuat logo idamanmu

Nah, sesudah kita membahas teori-teori yang relevan, mari kita langsung ke prakteknya. Ada beberapa situs yang dapat membantu kita mendesain logo dalam bentuk tulisan, tetapi yang paling mudah digunakan adalah Canva.

  1. Arahkan mouse ke pojok kanan atas dan klik “use custom dimensions

  2. Setela diklik, akan muncul 2 kotak kosong yang akan menentukan ukuran dari desainmu, saran saya isi angka “1000” di kedua kotak tersebut. Sesudah itu, klik tombol hijau “Design!”

  3. Kamu akan diarahkan masuk ke halaman desain. Arahkan mouse ke tulisan “BKGROUND” di sebelah pojok kiri dan klik tulisan tersebut. Kamu akan membuka menu untuk mengganti warna background untuk logomu.

  4. Kamu dapat memilih warna yang telah disediakan oleh Canva, seperti warna merah yang terlihat di gambar, atau kamu dapat melihat lebih banyak warna dengan mengklik kotak dengan tanda “+” di bawah tulisan “DOCUMENT COLORS” seperti yang saya contohkan di gambar bawah ini.

  5. Dalam contoh yang ini, anggaplah bahwa saya ingin mendesain logo untuk Kapiten dan saya ingin memberi kesan inovatif dan berani bagi merek toko saya, maka saya memilih warna ungu sebagai warna background (latar). Kamu dapat melakukan hal serupa dengan mengklik di mana saja di dalam lingkaran penuh warna tersebut.

  6. Sekarang saatnya menulis nama tokomu/merekmu/brand-mu. Kita ke pojok kiri lagi namun sekarang klik tulisan “TEXT” dengan simbol huruf “T” seperti saya contohkan di gambar.

  7. Lalu arahkan mouse ke tulisan besar “Add heading” dan klik tulisan tersebut.

  8. Akan muncul kotak teks secara otomatis di tengah desainmu. Silahkan ketik nama toko/logo/merek-mu.

  9. Setelah mengetik nama, kamu dapat mengganti gaya tulisannya dengan memilih jenis font style dan ukurannya di kotak panjang di atas desainmu (yang ada angka dan terletak di bawah menu warna biru Canva) seperti terlihat di gambar di bawah.

  10. Setelah kamu selesai, sekarang saatnya untuk men-download logomu. Arahkan mouse ke tombol “Download” di pojok kanan atas dan klik tombol tersebut.

  11. Akan muncul menu Download. Di kotak pilihan di bawah teks “File Type” pilih “PNG” kemudian klik tombol “Download” yang berwarna hijau sesuai di gambar.

Logo akan otomatis di download ke komputer/laptop/gadget-mu dalam bentuk file .png dan kamu bisa menggunakannya di toko online-mu atau di marketplace tempat kamu berjualan seperti Bukalapak atau Tokopedia dengan meng-upload file logo tersebut.

Selesai sudah panduan untuk membuat logo untuk online shop ini. Cukup mudah, bukan? Terlebih lagi proses ini tidak memerlukan biaya sama sekali dan hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit. Apabila kamu ada pertanyaan atau kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya di bagian komentar di bawah ini.


Catatan

i) Gambar tentang kelompok-kelompok font di ambil dari sini. Kredit dan apresiasi bagi pembuatnya, Eva Markova. ii) Informasi mengenai dampak psikologis warna diambil dari sini dan sini. Semua kredit dan hak cipta dimiliki oleh pembuat dan narasumber.

galih

Galih Muhammad

Team lead Kapiten.id dan Software Developer di Pintaria yang ingin membantu lebih banyak orang yang sukses berjualan di dunia online.

Telusuri


Sampaikan saran, kritik, atau pertanyaan