/ INSTAGRAM, MARKETING

Panduan Lengkap Memasang Iklan di Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Olshop Milikmu

Zaman milenial, ya, zaman dimana banyak dari masyarakat yang memilih menggunakan media sosial untuk kegiatan sehari-harinya. Dari sekian banyak pilihan media sosial, masyarakat lebih banyak yang menggunakan Instagram. Platform ini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan media sosial lainnya. Hanya tinggal mengupload 1 gambar atau video dengan judul dibawahnya sudah menjadi kesenangan sendiri bagi banyak kalangan. Melihat fenomena tersebut, banyak pelaku industri ikut memasuki Instagram sebagai media promosi atau media penyebaran informasi. Setelah banyaknya pelaku industri yang berkumpul di platform tersebut, Instagram dan Facebook menyediakan layanan iklan berbayar. Dan sudah banyak pelaku industri yang menayangkan iklan dari bisnisnya melalui Instagram. Maka dari itu, untuk kamu yang tertarik untuk membuat iklan di Instagram, ada baiknya kamu membaca artikel ini!

Membuat Fan Page

Sebelum membuat iklan, tentunya harus memiliki Fan Page Facebook yang merupakan salah satu fasilitas yang ditawarkan untuk pengguna. Fan Page Facebook merupakan halaman khusus untuk menyediakan informasi dengan berbagai bentuk, seperti tulisan, gambar, video, link, dan lainnya. Halaman ini dapat digunakan sesuai dengan keinginan, seperti layanan, produk, pendidikan, perusahaan, komunitas, dan lainnya. Anda dapat klik bagian kanan atas, lalu pilih Buat Halaman. Setelah membuat, ada baiknya anda mengisi beberapa bagian penting mengenai informasi sehubungan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Menghubungkan Fan Page dengan Instagram

Sebelum memulai tahapan pembuatan iklan, ada baiknya anda menghubungkan halaman kamu dengan akun Instagram. Untuk menghubungkan, kamu dapat membuka beranda halaman dan klik Pengaturan. Setelah masuk, kamu dapat memilih Instagram yang terdapat pada kolom bagian kiri bawah. Lalu klik Masuk dan masukkan email dan password dari Instagram. Ya, halaman kamu sudah terhubung dengan akun Instagram bisnis kamu!

Membuat iklan

Untuk membuat iklan kamu dapat masuk ke halaman bisnis kamu. Lalu, klik bagian yang berada di pojok kanan atas halaman. Selanjutnya, pilih Buat Iklan untuk memulai proses pembuatan iklan. Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat iklan Instagam:

1. Pilih tujuan dari iklan

Setiap tujuan yang akan kamu pilih memiliki beberapa perbedaan dalam detail pengiklanan nantinya. Oleh karena itu, kamu harus dengan cermat memilih tujuan dari iklan yang ingin dilakukan. Facebook Ads Manager memberikan kemudahan untuk memilih tujuan dengan membagi menjadi 3 tujuan utama, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi. Ketiga tujuan ini memiliki detail tujuan yang dapat disesuaikan dengan tujuan iklan dari bisnis anda. Kamu harus dengan teliti dalam pemilih tujuan agar konten iklan dapat tersampaikan dengan baik. Perlu diketahui, ada beberapa tujuan yang memiliki sedikit perbedaan di langkah-langkahnya. Namun secara umum, langkah-langkah membuat iklan pada setiap tujuan memiliki garis besar yang sama.

Ketika memilih pilihan tujuan yang diinginkan, kamu akan diminta untuk membuat nama kampanye. Sebaiknya, nama kampanye disesuaikan dengan format yang sesuai kebutuhan beriklan pada saat itu. Sehingga akan memudahkan bisnis kamu jika ingin beriklan di masa depan.

2. Pastikan pengaturan mata uang dan zona waktu sudah sesuai

Hal ini seperti hal sepele yang mungkin belum tentu diperhatikan oleh semua pengguna. Padahal hal ini justru penting diperhatikan. Kenapa? Karena kita harus menyesuaikan iklan yang ingin ditayangkan dengan lokasi target pengunjung. Jadi, kamu harus dengan teliti memastikan pengaturan mata uang dan zona waktu yang sesuai dengan negara kamu.

3. Pilih target pengunjung yang diinginkan

Terdapat 2 pilihan pada penetapan target pengunjung, yaitu Buat Baru dan Gunakan Pemirsa Tersimpan. Jika kamu adalah pengguna baru, tentunya anda belum mengetahui jenis pengunjung seperti apa yang sesuai dengan bisnis kamu. Maka lebih baik memilih Buat Baru untuk mengetahui jenis pengunjung yang tepat sasaran. Setelah kamu membuat sasaran pengunjung baru, kamu dapat menyimpan pengaturan dimana nantinya dapat digunakan lagi di masa depan.

Ada beberapa karakteristik yang dapat digunakan untuk membuat sasaran pengunjung. Secara umum, tentunya ada lokasi, umur, jenis kelamin, dan bahasa. Kamu dapat dengan mudah mengisi karakteristik tersebut sesuai dengan keinginan kamu. Untuk meraih pengunjung yang lebih spesifik dan sesuai dengan materi iklan, Facebook menyediakan pilihan Penargetan Terperinci dimana kamu dapat menambahkan demografis lainnya, minta, dan perilaku. Pilihan ini dapat kamu isi sesuai dengan kebutuhan dari bisnis kamu. Keseluruhan pengaturan ini akan mempengaruhi Ukuran Pemirsa dan Perkiraan Hasil Harian seperti gambar disamping. Dengan adanya kedua indikator tersebut, dapat memudahkan kamu untuk mengatur sasaran pengunjung.

4. Pilih penempatan iklan yang diinginkan

Ada beberapa pilihan penempatan iklan yang dapat dipilih melalui Facebook Ads Manager. Untuk pilihan Instagram ada dua pilihan, yaitu Kabar dan Stories. Kamu dapat memilih kedua pilihan itu atau hanya salah satu. Tentunya, masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika ingin meletakkan iklan di dalam home atau beranda akun Instagram sasaran pengunjung kamu, lebih baik memilih Kabar. Sedangkan, Stories hanya akan disisipkan di tengah-tengah saat sasaran pengujung sedang membuka Instagram Stories di akun mereka. Kamu dapat memilih salah satu atau kedua opsi tersebut.

5. Tentukan anggaran dan jadwal iklan

Facebook Ads Manager dengan mudahnya memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menetapkan anggaran dan jadwal iklan yang diinginkan. Tentunya, anggaran dan jadwal yang ditentukan akan mempengaruhi jumlah perkiraan target pengunjung. Pemilihan untuk anggaran terbagi menjadi dua, yaitu Anggaran harian dan Anggaran sepanjang masa promosi. Anggaran harian merupakan rata-rata yang anda akan keluarkan di setiap hari selama masa promosi. Sedangkan, Anggaran sepanjang masa promosi merupakan jumlah maksimal yang akan kamu keluarkan selama masa promosi.

Seperti yang dapat dilihat bahwa anggaran yang ditentukan merupakan Anggaran harian, bukan Anggaran sepanjang masa promosi. Selanjutnya, kamu juga dapat memilih berapa lama bisnis kamu akan beriklan yang dengan otomatis telah dihitung perkiraan pengeluaran selama jadwal yang diinginkan.

Jika kamu memilih ‘Tampilkan Opsi Lanjutan’, akan ada beberapa pilihan lainnya yang dapat kamu atur. Namun kamu dapat melanjutkan tanpa mengatur opsi lanjutan yang tersedia. Salah satu opsi lanjutan adalah opsi Pengoptimalan untuk pengiriman iklan yang memiliki 4 opsi di dalamnya, yaitu Klik Tautan, Penayangan Halaman Tujuan, Impresi, dan Jangkauan Unik Harian. Dari keempat opsi tersebut, yang paling direkomendasikan adalah Klik Tautan. Selain itu, kamu juga dapat menetapkan batas penawaran untuk biaya setiap klik tautan di opsi Strategi Penawaran. Jika kamu menetapkan batas penawaran, kamu dapat mengatur Jenis Pengiriman yang dibagi menjadi dua, yaitu Standar dan Dipercepat. Setiap pengaturan ketiga opsi tersebut akan mempengaruhi Perkiraan Hasil Harian dari set iklan tersebut.

6. Memilih dan mengatur materi iklan

Pada bagian ini, kamu harus menggunakan kreativitas pada penggunaan gambar dan teks yang akan ditayangkan di dalam materi iklan bisnis kamu. Pengaturan pertama yang harus dilakukan adalah memilih format atau bentuk tampilan iklan yang diinginkan. Facebook Ads Manager menawarkan beberapa pilhan, yaitu Karosel, Gambar Tunggal, Video Tunggal, Tayangan Slide, dan Koleksi. Berikut merupakan contoh dari Karosel dimana ketiga gambar dibawah ada di dalam satu materi iklan yang dapat di geser.

Setelah memilih bentuk materi iklan di Instagram, akan ada beberapa isian yang harus diisi agar dapat menyampaikan pesan dari iklan tersebut.

7. Upload Gambar atau Video

Kamu dapat mengupload gambar atau video yang akan kamu tayangkan. Jika kamu memilih Karosel seperti contoh diatas, maka gambar atau video yang diupload dapat lebih dari 3. Kamu dapat satu per satu mengupload gambar sesuai di kolom angka yang tersedia. Selain itu, ada beberapa syarat mengenai gambar atau video yang dapat diupload oleh pihak Facebook.

8. Membuat Caption

Langkah penting berikutnya, kamu harus membuat caption atau judul dari gambar atau video yang akan ditayangkan. Ada dua bagian yang dapat kamu isi, yaitu Judul dan Teks. Seperti yang dapat dlihat pada contoh dibawah, Judul merupakan beberapa kata singkat yang dapat menjelaskan gambar atau video. Judul akan terletak disamping username dan diatas teks. Selanjutnya, Teks merupakan penjelasan atau informasi dari gambar atau video yang ditayangkan. Facebook menyarankan teks yang ditulis dibawah 125 karakter agar menghindari tampilan ‘more’ pada iklan. Jika kamu memilih bentuk Karosel, setiap gambar atau video dapat diberikan judul yang berbeda-beda. Sebaliknya, teks akan muncul di seluruh gambar atau video yang kamu tayangkan.

Hal ini tidak kalah penting dengan dua bagian diatas dimana sangat direkomendasikan untuk kamu memasukkan link URL website dari bisnis kamu pada URL Tujuan. Jika kamu memiliki lebih dari satu link URL, kamu dapat memasukkannya di bagian Lihat URL Lainnya. Dengan link URL tersebut kamu dapat memantau lalu lintas kunjungan dari iklan yang kamu tayangkan.

10. Pilih Jenis Ajakan Bertindak yang Sesuai

Hal terakhir yang kamu harus perhatikan, yaitu Call to Action atau Ajakan Bertindak. Pada bagian ini terdapat beberapa pilihan, seperti Selengkapnya, Daftar Sekarang, Pesan Sekarang, Hubungi Kami, Unduh, Beli Sekarang, dan lainnya. Setiap pilihan memiliki kegunaannya masing-masing. Kamu dapat memilih bagian sesuai dengan tujuan dari materi iklan kamu. Jika kamu ingin mereka berkunjung ke website, ada baiknya pilih bagian Selengkapnya.

Penutup

Setelah kamu mengisi beberapa bagian diatas, akan ada ‘Opsi Lanjutan’ dibagian bawah. Opsi ini hanya beberapa opsi tambahan yang tidak wajib untuk kamu isi. Jika kamu merasa sudah puas dengan beberapa bagian yang sudah diisi diatas, kamu dapat langsung memilih Konfirmasi pada bagian bawah kanan. Ya, dengan mudahnya kamu sudah berhasil membuat iklan untuk bisnis kamu! Jika kamu memiliki beberapa pertanyaan atau komentar mengenai artikel ini, dapat langsung tulis di kolom bawah ini, ya!

galih

Galih Muhammad

Team lead Kapiten.id dan Software Developer di Pintaria yang ingin membantu lebih banyak orang yang sukses berjualan di dunia online.

Telusuri


Sampaikan saran, kritik, atau pertanyaan