/ MEMULAI

Memilih Cara Membuka Olshop Yang Tepat Untukmu

Kamu yang membaca artikel ini pasti sudah melihat iklan-iklan atau kisah sukses tentang orang-orang yang berjualan online dan kamu ingin menjadi seperti mereka. Sebagai pemula, bagaimana caranya untuk memulai, kamu mungkin bertanya. Di sini saya akan menerangkan semua cara yang tersedia untuk kamu memulai berjualan secara online, menerangkan hal positif dan negatif dari tiap pilihan tersebut, dan mana yang cocok untuk kondisi kamu.

Pilihan #1: Online marketplace (Tokopedia, Bukalapak, dsb)

Saya mulai dengan online marketplace karena agaknya semua orang sudah melihat iklan mereka yang sering ditampilkan di berbagai media. Mereka sering menonjolkan kemudahan dalam memulai berjualan di marketplace mereka, dan mereka tidak berbohong. Layaknya pasar di dunia nyata, semua orang dapat membuka toko, menjajakan produk, dan menunggu serta melayani calon pembeli yang datang ke toko mereka.

Plus:

  • Gratis mendaftar dan membuka toko
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya iklan untuk mengundang pengunjung ke tokomu, karena si online marketplace telah mengeluarkan biaya iklan untuk mengundang calon pembeli ke pasar mereka masing-masing.
  • Pembeli merasa aman untuk membeli produk kamu karena pembayaran dilakukan menggunakan sistem rekber online marketplace
  • Kemungkinan kamu ditipu oleh pembeli kecil karena order dari pembeli baru akan diteruskan ke kamu setelah mereka membayar ke online marketplace.

Minus:

  • Karena mudahnya membuka toko, jumlah toko yang menjual barang yang sama sanga banyak, persaingan antar penjual sangat ketat.
  • Untuk mengungguli persaingan, kamu akan terpaksa untuk membayar si online marketplace untuk mempromosikan toko kamu atau lebih parah lagi, bersaing dengan menurunkan harga lebih rendah dari toko lain.
  • Orang-orang yang membeli produk kamu secara praktis bukanlah pelanggan kamu, melainkan pelanggan si online marketplace. Mereka datang ke situs online marketplace karena iklan dan merek online marketplace, bukan karena ingin mengunjungi dan membeli dari tokomu secara khusus.
  • Uang dari penjualanmu dipegang oleh si online marketplace dan untuk menariknya kamu harus mengajukannya terlebih dahulu. Jadi kamu tidak bisa langsung mendapatkan uang hasil penjualanmu secara instan.

Pilihan #2: Berjualan di sosmed (Facebook, Twitter, Instagram)

Plus:

  • Pendaftaran gratis dan memulai berjualan pun gratis
  • Kamu dapat dengan mudah menemukan dan ditemukan oleh calon pembeli karena mereka kemungkinan besar mempunyai akun dan menggunakan sosmed sehari-hari.
  • Mudah untuk membangun kumpulan pelanggan setia karena mereka membeli langsung dari kamu.
  • Pembeli yang puas dapat dengan mudah mempromosikan atau merekomendasikan tokomu/merekmu ke teman-teman mereka karena jual-beli terjadi di sosmed.

Minus:

  • Pembeli merasa kurang aman karena sangat mudah ditipu oleh penjual, sehingga mereka akan lebih berhati-ati dan lambat untuk memutuskan membeli dari kamu.
  • Kamu sebagai penjual juga dapat tertipu oleh pembeli yang tidak membayar produk kamu ketika kamu sudah mengirimkan produk.

Pilihan 3: Berjualan di website sendiri

Di antara semua pilihan yang tersedia, mungkin ini pilihan yang terkesan paling sulit. Dan kamu tidak salah, membuat website sendiri memang lebih sulit dari mendaftar dan menjajakan produk di online marketplace atau sosmed, tetapi tidak sesulit seperti yang kamu bayangkan. Karena perkembangan tren berjualan online sudah menyebar ke seluruh dunia, banyak alat dan cara yang bermunculan untuk memudahkan membuat website yang berfungsi sebagai toko online.

Plus:

  • Mudah membangun kredibilitas dan kepercayaan di mata calon pembeli **dengan membuat website yag mempunyai tampilan yang menarik. Penjual yang berniat untuk menipu akan malas untuk membuat atau membayar desain situs yang menarik.
  • Mudah membangun citra merek sesuai yang kamu mau
  • Pengunjung yang datang ke website kamu secara khusus datang untuk mengunjungi tokomu dan berniat membeli produk yang kamu jual.
  • Tidak berebut/kecolongan calon pembeli
  • Tidak akan terpaksa bersaing di harga

Minus:

  • Tidak semudah memulai di online marketplace dan sosmed
  • Pembeli akan lebih takut ditipu sehingga butuh usaha dari kamu untuk meyakinkan mereka
  • Kamu harus mengeluarkan usaha ekstra untuk mempromosikan tokomu agar orang datang ke website tokomu

Pilihan mana yang cocok untuk kamu

Seperti yang kamu lihat setiap pilihan mempunyai keuntungan dan kerugian, maka pilihan yang tepat untuk kamu ambil untuk memulai berjualan oline tergantung dari situasi kamu saat ini dan apa yang mau kamu raih. Berikut analisis dan rekomendasi dari saya:

  1. Kalau kamu berjualan online hanya sebagai usaha sampingan dan tidak berniat untuk mengembangkannya menjadi usaha yang serius, berjualan di marketplace online adalah pilihan terbaik bagi kamu karena usaha yang kamu keluarkan untuk memulai serta mengurusnya jauh lebih rendah dari pilihan lainnya.
  2. Kalau kamu aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dan mempunyai sejumlah follower atau teman, maka memulai berjualan di online shop lebih bermanfaat bagi bisnis kamu dalam jangka panjang, daripada memulai berjualan di online marketplace. Karena akan lebih gampang bagi kamu membangun pelanggan setia untuk tokomu.
  3. Kalau kamu ingin mengembangkan tokomu menjadi usaha yang serius, membuat toko online adalah hal yang wajib, entah ini kamu lakukan di awal saat memulai atau di kedepannya. Jadi apabila kamu mulai berjualan di online marketplace atau di medsos, ketika kamu mulai serius untuk mengembangkan bisnismu, mulailah membuat situs untuk tokomu sendiri supaya toko online mu menjadi lebih unik dan unggul dari kompetitormu yang hanya memiliki toko di online marketplace atau medsos. Ini juga membantu kamu mendapatkan pelanggan dari hasil pencarian Google, yaitu orang-orang yang mencari produk yang kamu jual dengan mencarinya lewat Google search.

Pilihlah solusi yang cocok dengan situasi dan apa yang ingin kamu raih dari berjualan online. Tidak ada waktu yang lebih tepat lagi dibandingkan dengan saat ini untuk memulai berjualan online.

galih

Galih Muhammad

Team lead Kapiten.id dan Software Developer di Pintaria yang ingin membantu lebih banyak orang yang sukses berjualan di dunia online.

Telusuri


Sampaikan saran, kritik, atau pertanyaan